Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

SELF HYPNOSIS

Self hypnosis merupakan suatu cara yang dilakukan seseorang untuk masuk ke dalam pikiran bawah sadarnya dan melakukan pemrograman ulang terhadap pikiran bawah sadarnya sehingga bisa membentuk perilaku baru dalam dirinya.
Prinsip dasar dari self hypnosis adalah membuka gerbang pikiran bawah sadar yang kemudian diikuti dengan memberikan masukan atau sugesti kepada pikiran bawah sadar kita sendiri, artinya kita berkomunikasi dengan pikiran bawah sadar kita. 
Secara singkat, struktur self hypnosis adalah :
•Relaksasi
•Pemrograman Diri
•Pengakhiran

Sebelum saya menjelaskan struktur self hypnosis tersebut diatas, baiklah teman-teman cermati dan lakukan dulu sebuah latihan dibawah ini, yaitu latihan berkomunikasi dengan pikiran bawah sadar. Sebenarnya ada beberapa teknik latihan berkomunikasi dengan pikiran bawah sadar, tetapi pada catatan ini saya hanya menjelaskan sebuah teknik yaitu dengan menggunakan indera penglihatan (mata).
•Tutuplah mata anda dengan lembut, kemudian fokuskan perhatian anda untuk merasakan pernapasan anda selama sekitar 10 detik, lalu buka kembali mata anda.
•Sekarang tutup lagi mata anda, kemudian minta pikiran bawah sadar ‘mengunci’ mata anda, sampai mata anda benar-benar terasa lengket dan tidak bisa dibuka lagi, dengan mengatakan dalam hati :

“Saya perintahkan agar mata saya terkunci dengan sangat kuat…dan sangat rapat…...(sambil anda bayangkan ada lem yang sangat banyak dan sangat rekat membungkusi kedua kelopak kedua mata anda)……sangat kuat…sangat sangat rapat…bahkan semakin saya mencoba untuk membuka mata saya….mata saya semakin rapat…sangat kuat dan lengket…semakin kuat saya mencoba, maka mata mata saya justru semakin lengket dengan sangat kuat…..”

Lalu katakan dalam hati secara berulang-ulang tanpa jeda :

“Mata saya terkunci…mata saya terkunci…mata saya terkunci….”

•Dan sambil terus mengatakan “mata saya terkunci”, anda boleh mulai mencoba untuk membuka mata anda. Jika mata anda terasa tetap terkunci, maka artinya anda sudah berhasil untuk memberikan perintah kepada pikiran bawah sadar anda. Tetapi sebaliknya, bila mata anda masih dapat dibuka dengan mudah, maka apa yang anda katakan belum dapat menembus pikiran bawah sadar anda.
•Jika mata anda terkunci, maka cara menormalkannya juga menggunakan cara yang sama, yaitu dengan memberikan instruksi sebaliknya kepada pikiran bawah sadar, misalnya dengan mengatakan :

“Mata….saya akan berhitung mulai dari 1 sampai 3, dan pada hitungan ketiga..saya perintahkan agar engkau kembali normal dan dapat dengan mudah saya buka….1…2…3….terbukalah…!”

Nah, latihan ini harus anda lakukan berulang-ulang, sampai anda benar-benar dapat mengunci mata anda dan membukanya kembali. Sekarang kita kembali pada struktur self hypnosis diatas.

•Relaksasi

Silahkan duduk bersandar ditempat yang nyaman, misalnya disofa, lakukan secara pribadi dengan kondisi lingkungan yang tenang, matikan handphone anda, niatkan untuk menghentikan seluruh aktifitas dalam beberapa menit ke depan. Letakkan tangan secara bebas diatas paha, biarkan kaki anda lepas bebas.
Pejamkan mata, awasi napas, berikan perhatian saat menarik napas dan menghembuskan napas. Ucapkan dalam hati :
“Saya berniat untuk memasuki relaksasi….melepaskan segalanya….mengistirahatkan tubuh dan pikiran saya…”
“Pada setiap tarikan napas saya hirup sebuah kesegaran…dan pada setiap hembusan napas saya buang semua beban kepenatan dan beban-beban pikiran, semakin lama saya semakin rileks dan nyaman…..memasuki relaksasi yang jauh lebih dalam…lebih lepas….” 

Lanjutkan :
“Mata…saya perintahkan engkau menjadi sangat santai….sangat rileks…dan sangat malas…!!!Sedemikian malasnya…sehingga engkau tidak mau terbuka walaupun engkau ingin terbuka…bahkan untuk bergerakkan pun engkau sedemikian malasnya….” 

(Baca script diatas berulang-ulang, sampai anda merasakan bahwa mata anda sudah sangat santai. Lalu coba buka mata anda, bilamana sudah berat atau tidak mau terbuka…maka lanjutkan dengan script dibawah ini).
“Leher…saya perintahkan engkau menjadi sangat santai, malas dan lemas….sehingga saya sama sekali tidak dapat menggerakkan engkau…leher engkau sangat malas dan lemas…bahkan engkau sama sekali tidak berkeinginan untuk bergerak sedikitpun juga walaupun saya berusaha menggerakanmu..”

(Baca script diatas berulang-ulang sampai anda merasa leher anda sudah benar-benar santai, lalu coba anda gerakkan leher anda, bilamana sudah terasa malas dan tidak mau bergerak sama sekali, maka lanjutkan dengan script dibawah ini).

“Wahai kedua belah tangan dan jari-jari….engkau saya perintahkan untuk memasuki relaksasi total, sehingga sekarang juga engkau menjadi sangat malas…lemas dan tidak berkeinginan sama sekali untuk bergerak….walaupun saya mencoba untuk mengggerakkanmu….”

(Baca script diatas berulang-ulang, sampai anda merasakan bahwa jari-jari tangan anda sudah sangat santai dan malas untuk bergerak, lalu coba anda gerakkan tangan dan jari-jari anda, bilamana sudah terasa malas dan tidak mau bergerak sama sekali, maka lanjutkan dengan script dibawah ini).

“Wahai kedua kaki….engkau saya perintahkan untuk memasuki relaksasi total, sehingga sekarang ini juga engkau menjadi sangat malas, lemas dan tidak berkeinginan sama sekali untuk bergerak, walau pun saya mencoba menggerakkanmu….”

(Baca script diatas berulang-ulang, sampai anda merasakan bahwa kaki anda sudah sangat santai dan malas untuk bergerak, lalu coba anda gerakkan kaki anda, bilamana sudah terasa malas dan tidak mau bergerak sama sekali, maka lanjutkan dengan script dibawah ini).

“Saya akan menghitung mundur dari 25 ke 1 bersama hembusan napas saya…..dan setiap kali saya menghitung…saya akan merasakan kenyamanan dan ketenangan yang jauh lebih dalam dari sebelumnya…..” (Lakukan hitungan mundur).

•Memprogram Diri
Ini merupakan inti dari SH yang dilakukan setelah kita telah berada dalam kondisi sangat rileks. Pada kondisi rileks sempurna ini, gerbang pikiran bawah sadar sudah terbuka dan siap menerima program.

Apa yang kita program ?
Yang kita program adalah seluruh kondisi emosional yang kita inginkan. Mulai dari ingin sehat, ingin bahagia, ingin berkelimpahan, ingin memiliki motivasi diri yang kuat, ingin meningkatkan rasa percaya diri ,dll.

Penyusunan Program :
Tetapkan satu macam saja tema utama. Misalnya : ingin meningkatkan rasa percaya diri berbicara didepan umum.
Susun script yang baik berkaitan dengan tema ini, dengan mematuhi kaidah dasar berikut :
•Gunakan kalimat positif. Sebutkan apa yang anda inginkan bukan apa yang anda hindari.
•Gunakan kalimat ‘Present Tense” Anggap saja anda sudah berada dalam kondisi itu.
•Lakukan pengulangan-pengulangan pada kalimat pokok yang berkaitan dengan tema utama.
•Pergunakan kalimat-kalimat yang dapat menggugah emosi positif, mengingat bahwa pikiran bawah sadar sangat peka secara emosional.
Saat anda membacakan program tersebut, tambahkan imajinasi, buatlah imajinasi ini sedemikian detail, seakan-akan anda sungguh berada dalam kondisi dimaksud, sampai anda dapat merasakan emosi positif (bahagia, damai, dsb).
Contoh script :
“Saya adalah pribadi yang sangat istimewa….saya memiliki rasa percaya diri yang sangat tinggi….saya selalu tampil dengan sempurna di depan umum….saya memiliki kemampuan untuk prensentasi dan berbicara di depan umum dengan sangat sempurna….saya sangat bangga dan bahagia karena memiliki kemampuan yang sangat luar biasa ini….saya dalah pribadi yang sempurna…saya adalah pribadi yang penuh percaya diri….saya sangat menyukai tampil di depan umum….berbicara didepan orang banyak…saya adalah pembicara yang hebat…presenter yang terampil…..saya penuh rasa percaya diri…saya pribadi yang istimewa…”
(Dibawakan sambil berimajinasi bahwa kita sedang melakukan presentasi atau berbicara di depan umum dengan penuh rasa percaya diri).

•Penutup
Ini adalah proses atau tahap dimana anda mengakhiri SH, setelah anda melakukan program ulang atas diri anda.
Caranya sangat sederhana, hanya dengan mengucapkan script dibawah ini :

“Saya akan menghitung dari 1 sampai dengan 5, dan pada hitungan ke-5….saya akan bangun membuka mata dalam kondisi yang sangat segar bugar, sehat dan positif.”

(Mulai lakukan hitungan mundur secara perlahan-lahan).

Demikian sebuah pedoman singkat yang disarikan dari teknik Yan Nurindra, seorang pakar hypnosis/hypnoterapi Indonesia. Barangkali teman-teman juga bisa membaca beberapa buku berikut ini, untuk memperkaya wacana : Self Hypnosis Revolution oleh Forbes Robbins Blair terbitan Daras Books, Reprogramming Subconcious Mind oleh Dr. Muruga terbitan Ufuk, Hypnosis-The Art of Subconcious Communication terbitan Gramedia dan Hypnotherapy-The Art of Subconcious Restructuring terbitan Gramedia. Semoga bermanfaat. Salam Joss…

Posting Komentar

0 Komentar